Sabtu, 29 September 2012

PENYUSUNAN PROPOSAL WIRA USAHA


PENYUSUNAN PROPOSAL WIRA USAHA
                                   


A.  JUDUL

Usaha saya beri nama TOSERBA NUR dengan harapan usaha saya ini mampu berkembang dengan pesat, dan mampu memberikan penerangan dibidang ilmu pengetahuan, karena usaha saya bergerak dibidang penjualan alat-alat tulis buku, dan segala prank-pernik pendidikan.

 B. LATAR BELAKANG MASALAH

Pendidikan merupakan dunia yang tidak akan habis untuk dibicarakan dan digali dari hari ke hari, pendidikan dewasa ini berkembang dengan pesat,semakin banyaknya berdiri sekolah baru baik dari jenjang dasar sampai jenjang lanjutan. Dengan demikian saya melihat peluang usaha disitu, maka dari itu saya mendirikan toko serba ada yang menyediakan segala alat tulis dan segala yang berkaitan dengan prndidikan.
Melihat alasan tersebut diatas kami memandang bahwa bisnis kami ini akan semakin berkembang seiring dengan berkembangnya pendidikan dinegara ini.

  C.  PJB (PRODUK YANG DIPERJUALBELIKAN)

  1. Produk yang kami tawarkan disini adalah segala yang berkaitan dengan dunia pendidikan antara lain: pencil, buku tulis, buku bacaan, penghapus, penggaris dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan dunia pendidikan.
  2. Peralatan yang diperlukan tempat, etalase, karyawan
  3. Tenaga kerja yang dibutuhkan relatif banyak karena setiap bagian harus dihadapi oleh satu orang agar mampu berlaku profesional.

D.  PEMASARAN

1.      Potensi Pasar:
a.       Yang menjadi sasaran customer adalah semua pelajar, mulai dari tingkat dasar sampai mahasiswa, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk umum.
b.      Yang menjadi pesaing usaha ini adalah usaha yang sama, akan tetapi setiap usaha memiliki keunggulan tertentu, dan keunggulan usaha saya adalah dipelayanan yang prima.
2.      Marketing Mix yg meliputi :
a.       Produk yang ditawarkan di toko kami adalah alat-alat tulis dan segala kebutuhan pendidikan juga disediakan poto copy.
b.      Harga yang ditawarkan toko saya sangat menarik karena memberikan diskon bagi yang sering berbelanja ditoko saya.
c.       Toko saya mengambil tempat yang dekat dengan pusat-pusat pendidikan dan dekat dengan jalan raya agar mudah dijangkau oleh customers.,
d.      Promosi yang saya lakukan dengan membuat selebaran-selebaran yang diletakan ditempat-tempat strategisagar dapat dibaca oleh banyak orang



E.  MODAL

1.      Jumlah modal pertama untuk mengawalai usaha ini sebesar 25 juta dengan perhitungan sebagai berikut
·         5 juta untuk sewa tempat untuk satu tahun.
·         Pembelian etalase sebanyak 3 buah, perbuah harganya 1,500, 000, = (4.500.000).
·         Pembelian alat tulis sebanyak 7 juta.
·         Pembelian mesin poto copy second 7 juta.
·         Sisa uang 1.500 ribu untu cadangan biaya operasional harian.
2.      Modal saya peroleh dari pinjaman dari Bank sebesar 20 juta, sedangkan modal sendiri sebasar 5 juta.

F.  KEUANGAN

1.      Investasi
Dari semua panjualan dari jangka waktu 2 th saya perkirakan dapat menggembangkan usaha baru yang sejenis.
2.      Anggaran penjualan
Penjualan barang kami mengikutu harga pasar, agar harga menjadi stabil.
3.      Proyeksi.
Dengan kerja keras dan sistem networking yang kuat saya yakin usaha saya mampu berkembang dan maraih laba atau keuntungan.

0 komentar:

Posting Komentar