Sabtu, 07 April 2012

telaah pAI


Kata pengantar


Assalamualaikum Wr.Wb.
           
            Segala puji bagi ALLAH SWT sedalam-dalamnya yang telah melimpahkan rahmatnya,bagi semua mahluk didunia.sehingga kita masih bisa diberi kesempatan untuk menuntut ilmu.tanpa karunia yang diberikan, mungkin kita semua tidak bisa melaksanakan kewajiban kita yaitu mencari ilmu.maka sayogjanya kita harus mensyukuri nikmat-nikmat yang telah diberikan kepada kita.karena nikmat-nikmat allah itu andaikan kita hitung dengan alat-alat yang serba bertehnologi tidak mungkin bisa menghitungnya.
            Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada rosul kita ,yang telah membawa ajaran-ajaran wahyu dari sang pencipta alam semesta. yang wajib kita ta’ati perintahnya dan jauhi semua larangannya shingga kita nanti mendapatkan syafa’atnya dihari dimana manusia tidak bisa berbuat apa-apa. kecuali meminta pertolongan kepada nya.yaitu hari qiyamah.semoga kita semua bisa ditolong rosul kita amin.
            Dalam kesempatan ini penulis makalah mengucapapkan beribu – ribu terimah kasih, kami sampaikan kepada pengampu mata kuliah TELAAH MATERI P.A.I.2.beliau Bapak Dosen.Drs.H.Akhirin Ali,M.Ag.karena beliaulah kita tahu dan paham bagaimana menjadi guru yang proffesional.dan selanjutnya ucapan terimah kasih kami sampaikan kepada teman-teman kelompok dua yang sangat antusias dalam pembuatan makalah ini dengan kerja sama yang baik dan arif bijaksana, maka tertulislah makalah ini.ssebelum kami mengakhiri kami menyadari bahwa dari kelompok dua ini masih awam dan banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini kami dari kelompok dua ,mengharap  kritik dan sarannya dari bapak dosen pengampu untuk penyempurnaan penulisan makalah ini.atas kritik dan sarannya kami ucapkan banyak terimah kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.


                                                                                                             Penyusun
                                                                                                           
(Kelompok 2)



BAB 1
PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG
           
Di dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsimengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskankehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwakepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yangdemokratis serta bertanggung jawab.
 Sedangkan tarikh (sejarah)kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah(beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupannya yang dilandasi oleh  Pendidikan agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah yang terdiri dari empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri.
-Al-Qur’an-Hadis
menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahamimakna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Aspek Akidah
menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati danmengamalkan nilai-nilai
al-asma’ al-husna
.- Aspek Akhlak
menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpujidan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek
-Fikih
menekankan pada kemampuan cara melaksanakanibadah dan muamalah yang benar dan baik. Sedangkan
- aspek Tarikh & kebudayaan Islam
menekankan pada kemampuanmengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya denganfenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.Sejarah Kebudayaan Islam di MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul,perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau,mulai dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaurrasyidin, Bani ummayah,Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia.Secara substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islammemiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah
Standar Kompetensi Lulusan Skl – SK - KD– SKI MTs /Kls VII/Smt 2
Kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap,watak dan kepribadian peserta didik.Penyusunan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaranSejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review
PeraturanMenteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk SatuanPendidikan Dasar dan Menengah, terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek Tarikh & Kebudayaan Islamuntuk SMP/MTs, serta memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 , tanggal 1Agustus 2006, Tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan danmengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
B.TUJUAN
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaurrasyidin, Bani ummayah, Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia. Secara substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik. Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut: 
       a-Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajarAN    nilai- nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang      merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.
       c. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
      d. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan Sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
      e. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
C.RUANG LINGKUP
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
a. Pengertian dan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam
b. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
c. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
d. Memahami peradaban Islam pada masa Khulafaurrasyidin
e. Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah
f. Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
g. Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
h. Memahami perkembangan Islam di Indonesia
D.Rumusan Makalah
  1. Tentang bagaimana Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar materi sejarah kebudayaan islam di tingkat MTS yang sesuai Peraturan Menteri Agama RI No. 2 Tahun 2008 ?
  2. Apa saja bahan materi pada mata pelajaran  Sejarah kebudayaan islam di tingkat MTS?
  3. Bagaimana hasil analisis materi Sejarah kebudayaan islam di tingkat MTS ?


BAB IV
ANALISIS

A.    Analisis Kompetensi
Setelah menelaah  SK-KD dan uraian materi SKI MTS, dapat kita klasifikasikan secara global kompetensi – kompetensi sesuai dalam tiga domain :
1.      Domain Kognitif
Domain kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir, termasuk didalamnya kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan kemampuan mengevaluasi sehingaa kompetensi yang masuk dalam domain ini adalah kompetensi yang redaksinya berbunyi antara lain : Menghafal , memahami, mengidentifikasi, menerjemahkan.
2.      Domain Psikomotorik
Domain yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu, maka kompetensi yang masuk dalam domain ini adalah kompetensi yang redaksinya berbunyi antara lain : menerapkan menunjukan sikap sosial tertentu.
3.      Domain Afektif
Domaim yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Berdasarkan penjelasan tersebut tidak ada kompetensi yang secara khusus menyuratakan muatan ranah afektif.
B.     Analisis Berdasarakan Aspek Psikologis
Menurut kami materi pembelajaran SKI tersebut mudah dipahami oleh peserta didik pada tingkat MTS: sesuai dengan kemampuan peserta didik pada jenjang tersebut. Setiap materi disesuaikan dengan tingkatan kelasnya.
Analisis Berdasarkan Aspek Kuantitas Materi
Kuantitas materi SKI di tingkat MTS cukup padat. Sehingga pembelajaran mungkin dominan secara teoritis, sedangkan ada kompetensi yang masuk pada ranah psikomotorik aplikatif ( praktek ) yang juga harus dituntaskan.















BAB  V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Telaah berdasarkan beberapa aspek diatas, bahwa SK – KD dan materi  SKI MTS  memiliki Kelebihan dan kelemahan. Kelemahan tersebut lebih kepada pengejawantahan-yang pada hal ini masuk ranah afektif dan psikomotorik – nilai-nilai yang ada dalam Mata Pelajaran SKI. Namun hal tersebut dapat disiasati dengan lebih proakrtifnya guru terhadap perkembangan sikap dan perilaku peserta didik baik ketika di madrasah maupun di rumah.
B.     Kritik dan Saran
Demikian makalah Telaah Materi ski tingkat mts yang telah kami susun. Tiada gading yang tak retak, maka kami selaku penyusun senantiasa menerima kritik dan saran yang kontruktif sebagai penyempurnaan dari makalah ini.



BAB III
URAIAN TENTANG MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN TINGKAT MTS
KLS VII semester 1
1.. Memahami sejarah kebudayaan Islam diantaranya Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam  Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah meliputi
Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang
 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
 Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah
KLS VII SEMESTER 2
1,Memahami sejarah perkem-bangan Islam pada masa KhulafaurrasyidiN
 Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
          Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan       datang
 Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin
2. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah
Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datanG Meneladani kesederhanaan dan kesalihan Umar bin abdul Aziz.

Kelas VIII, Semester
1.Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah
 Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
 Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah
Kelas VIII, Semester 2
1.                  Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
 Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti al-Ayyubiyah
 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah
 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang
 Meneladani sikap keperwiraan Shalahuddin al-Ayyubi
. Kelas IX, Semester 1
1.Memahami perkembangan Islam di Indonesia
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia
Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
f. Kelas IX, Semester 2
Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara






BAB II
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang mengacu pada Peraturan     Menteri Agama RI No. 2 Tahun 2008

A.Kelas VII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.   Memahami sejarah kebudayaan Islam



1.1        Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
1.2        Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
1.3    Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam

2.   Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah

2.1        Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2.2        Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang
2.3        Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah

3.   Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah

3.1         Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
3.2    Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
3.3    Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah




B. Kelas VII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
1.1    Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
1.2    Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang

1.3    Meneladani gaya kepemimpinan
          Khulafaurrasyidin

2. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah

2.1     Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
2.2     Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
2.3     Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

2.4     Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang
2.5    Meneladani kesederhanaan dan kesalihan Umar bin abdul Aziz



C.Kelas VIII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.1   Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
1.2   Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.3   Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.4   Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
1.5 Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah


D. Kelas VIII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
2. Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
2.1   Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti al-Ayyubiyah
2.2   Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah
2.3   Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
2.4   Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang
2.5   Meneladani sikap keperwiraan Shalahuddin al-Ayyubi



E. Kelas IX, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami perkembangan Islam di Indonesia
1.1   Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
1.2   Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1.3   Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia
1.4   Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia




F. Kelas IX, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara

1.1   Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
1.1     Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara










0 komentar:

Poskan Komentar